Tuesday, September 25, 2012

Ramadian Bachtiar

Baca CV nya aja udah geleng-geleng. Apalagi kalau denger dia cerita tentang berbagai pengalamannya, dari mulai Biologi yang menjadi latar belakang akademiknya, sampai tentang sinematografi yang jadi profesinya saat ini. Dari mulai Indonesia negerinya sendiri sampai ke Norwe, India, Iran, Madagaskar dan banyak lagi negara-negara yang pernah ia jamah.

Mas Rama, begitu kita akrab memanggilnya kemarin jadi mentor sinematografi kita selama 3 hari di Bandung. yah, semacam disekolahkan gratis & difasilitasi pula oleh British Council kita kemarin.

Ada dua hal yang sangat menarik dari sekian banyak hal yang menarik dari mentor kita tericinta yang mau aku bagikan kali ini :

Pertama : Orangnya periang. Misalnya, panitia yang memandu kita salah jalan, bukannya mengeluh, tapi membuat itu jadi banyolan, jadi kita semua tertawa ceria. Begitu juga untuk hal-hal lain yang bagiku cukup boring menghadapinya, dia tetap bisa menikmatinya dengan aneka rupa caranya.

Kedua : Inilah kelebihan orang yang banyak pengalaman. misalnya, aku, hilmy, rini, indra, nanky, atau zacky bertanya sesuatu, dia jawabnya ya sesuai maksud pertanyaan kita, begitu real, begitu detail, suka banget lah. enggak kayak bertanya ke pejabat atau orang2 sok pintar misalnya, mensano ingkorpore sane, pertanyaannya ke sono, jawabnya kesane.

Sampai berjumpa lagi mas Rama. terima kasih banyak atas perguruannya, sehingga kita bisa membuat karya film pendek pertama dengan story dan teknik yang terbimbing.

No comments:

Post a Comment