Friday, October 16, 2009

PIXAR, Kisah Heroik Steve Jobs Merebut Kembali Apple Inc.


Jatuh bangun PIXAR, perusahaan animasi nomor wahid di dunia dibangun, bahkan setelah Steve Job Masuk, hampir 5 tahun dia hanya berkunjung 6 kali ke PIXAR. Walaupun kebesaran PIXAR secara teknis lebih diperankan oleh 2 partnernya, John Lasseter si ahli skenario dan Catmull si ahli grafis, tetapi harus diakui, berkat keberanian dan keputusan-keputusan besar Steve Job pula PIXAR yang Steve Job beli 10 juta dollar dan merogoh kocek pribadi Steve Job karena rugi mencapai 50 juta dollar ini akhirnya bernilai 4,7 milyar dollar ketika dibeli oleh Disney 16 tahun berikutnya.

Terlalu banyak hal menarik dari buku tipis ini. saya ingin share-kan 4 saja. Pertama : pernyataan PIXAR yang setelah kalang kabut selama hampir 10 tahun lamanya, yakni dari tahun 87 hingga 97 dan film pertamanya "Toy Story" Booming dan menjadi titik balik kebangkitan PIXAR, PIXAR bilang "Tidak ada teknologi yang bisa mengubah cerita jelek menjadi bagus." Tahu maksudnya?

Kedua : Seperti menari di atas ombak, PIXAR, juga NEXTstar, juga Apple, juga Disney selalu bergelut dengan dinamika dunia bisnis dan pergulatan dengan keputusan-keputusan besar, penting, berpengaruh dan harus cepat di ambil. Hm, saya tidak yakin semua keputusan CEO perusahaan-perusahaan itu selalu benar, tetapi saya percaya mereka bisa membawa perusahaan-perusahaan itu menjadi unggul karena mereka bertanggung jawab.

Ketiga : Seperti yang diajarkan Pa Jamil Azzaini dalam salah satu bab di proposal hidup, yakni Mastermind. Mastermind atau saya menerjemahkan bebas sebagai tim se-visi ternyata bukanlah cetusan Pa Jamil, tetapi sudah diajarkan sejak zaman Napoleon Hill yang legendaris. Yah, sama seperti Microsoft, Aplle atau Yahoo, PIXAR besar atas dedikasi sebuah tim, bukan individu.

Keempat : Anda tahu DOS, program komputer yang ditawarkan Bill Gates (sebelum sukses) kepada IBM adalah nama yang diceploskan spontan oleh Bill Gates saat rapat dengan petinggi IBM adalah istilah yang spontanitas diciptakan Bill Gates sendiri, bahkan 2 rekannya yang ikut rapat bersama juga baru tahu istilah itu saat itu. Begitu juga PIXAR, ini nama yang spontan diceploskan mereka.

No comments:

Post a Comment