Friday, October 2, 2009

The Last Samurai

Entah untuk keberapa kalinya saya memutar film "The Last Samurai"nya Edward Zwick. Selalu saja ada pelajaran yang berbeda-beda. Wah, terlalu banyak yang mengesankan dan menginspirasi. 

Salah satunya, ketika sedang berlatih samurai, Kaptel Algren yang diperankan oleh Tom Cruise mendapat kesempatan bertanding dengan Ujio, Adik Katsumoto. Beradu pedang yang diganti dengan kayu, awalnya ia kalah dalam 3 pukulan. Lalu di sesi kedua dia kalah, kali ini keadaan lebih baik, dalam 5 pukulan. 


Lalu Algren-San, begitu orang-orang Samurai memanggilnya tiba-tiba teringat nasehat yang ia terima saat berlatih bertarung sebelumnya, "jangan berpikir."


Yah, ketika diterapkan nasehat itu, ternyata dahsyat. Dengan tidak berpikir, dia bisa "seri". Berpikir memiliki arti yang berbeda dengan "berpikir", meski keduanya sama-sama kata kerja. Berpikir maupun "berpikir" merupakan aktivitas yang dilaksanakan secara bersama-sama di dalam jiwa kita. bedanya, kalau berpikir yang memimpin aktivitas itu adalah "alam sadar", sedangkan kalau "berpikir" yang memimpin adalah alam bawah sadar.


Bayangkan, betapa payahnya kita dalam bertarung, atau mengerjakan hal apapun kalau alam sadar begitu mendominasi, rasa takut, merasa ditonton, cemas dan segudang perasaan "jangan-jangan.." lainnya hanya akan mengendurkan energi kita. Oleh karena itu, jangan berpikir.


Tetapi tetaplah "berpikir", hanya dengan "berpikirlah" kita bisa meraba hikmah menerawang kebijaksanaan baru untuk pupuk pohon kedewasaan kita.


Caoo...

No comments:

Post a Comment