Monday, April 19, 2010

Indonesia Menghafal, TPI tiap Ahad 13.00

Ustadz yang satu ini memang solutif dan aplikatif, itulah Yusuf Mansyur, seorang yang menurut saya penyerahan diri dan kepercayaan kepada Allah SWT nya jempol abizz, bukan cuma di bibir tapi di action.

Di TPI jam 13.00 tiap Ahad ada acara keren, Indonesia Menghafal. Fenomenal menurut saya, dimana bacaan Al Quran dengan keindahannya, kecerdasan tajwid, tahsin dan bla bla bla nya saya kurang ngerti betul-betul menampilkan indahnya Al Quran di TV yang ditonton tanpa batas ruang dan sekat strata, saya menerka akan banyak mualaf lahir gara-gara nonton acara ini.

Saya ingin bagikan metode sederhana yang diajarkan Yusuf Mansyur untuk menghafal Al Quran, satu tapi sangat aplikabel, yakni dengan drilling empat huruf empat huruf. Pecah ayat menjadi 4 huruh (boleh 3 atau 5 sesuai konteks), lalu ulang-ulang hingga puluhan kali, baru lanjut ke empat ayat berikutnya, begitu seterusnya. Cobalah, ampuh lho..

Dan dari acara itu dan banyak acara-acara yang saya datangi saya menemukan pola yang saya sebut EMPAT YANG SALING MENJAGA. Inilah jawaban pertanyaan saya dari dulu, bagaimana cara menjaga amalan kita? ketemu jawabannya di pola ini, yakni menjaga amalan dengan amalan. Membaca dan menghafal Quran akan menjaga niat puasa sunnah kita, puasa sunnah akan menggerakkan langkah kita untuk sholat sunnah, dan sholat sunnah akan meringankan sedekah kita sebagai ungkapan syukur, dan sedekah kita akan membuat kita termagnet oleh Al Quran begitu seterusnya.

Hak cipta pada Rizky Dr

No comments:

Post a Comment